AgendaBeritaGaleri

JAMBORE KADER PKK KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2018.

Dengan Jambore Kader PKK Kita Tingkatkan Profesionalisme Kader dalam Membangun Keluarga Sejahtera.

Taman Raja Batu – Panyabungan, 14 Agustus 2018.

Jambore Kader PKK Kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 14 Agustus 2018 bertempat di Taman Raja Batu pada sekitaran Komplek Perkantoran Payaloting, yaitu Komplek Kantor Bupati Mandailing Natal. Pelaksanaan Jambore Kader PKK Kabupaten Mandailing Natal ini dimasukkan pada rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan silaturrahim sesama kader PKK, untuk meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi kader dalam pelaksanaan 10 (sepuluh) Program PKK, dan untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi kader dalam melaksanakan 10 (sepuluh) Program PKK.

Dasar pelaksanaan Jambore Kader PKK ini adalah : Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan PKK, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 411.4. 3514 Tahun 2016 tentang Pengesahan Keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK tentang Hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015, dan Keputusan Bupati Mandailing Natal Nomor : 411.4/0730/K/2018 tentang Panitia dan Juri Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018.

Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan 5 (lima) kategori lomba yaitu : lomba lagu mars PKK, lomba cipta lagu dan yel-yel pola asuh anak dan remaja, lomba UP2K-PKK, lomba fashion show, dan lomba pidato PHBS dan yel yel IVA TEST. Peserta Jambore Kader PKK berjumlah 276 (dua ratus tujuh puluh enam) orang sebagai perwakilan dari Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Mandailing Natal. Pembiayaan atas kegiatan ini ditampung pada APBD Kabupaten Mandailing Natal Tahun Anggaran 2018 pada pos Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, yaitu Program Peningkatan Peran Perempuan di Perdesaan.

SAMBUTAN KETUA TP.PKK KABUPATEN MANDAILING NATAL, NY. IKA DESIKA DAHLAN HASAN NASUTION.

Selamat datang, para peserta, Jambore Kader PKK, Tingkat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018. Saya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal, berharap hendaknya, para kader PKK, dapat memanfaatkan kesempatan ini, dengan sebaik-baiknya.

Jambore kader adalah sebuah penghargaan terhadap para kader PKK yang telah menjalankan perannya di masyarakat tanpa kenal lelah dan pamrih dalam membantu pemerintah, memberdayakan, dan mensejahterakan keluarga.

Adapun maksud pelaksanaan acara ini adalah, untuk memantapkan kegiatan PKK dengan mengefektifkan penguatan dan manajemen kelembagaan, serta operasional PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas dalam mencapai keluarga mandiri.

Selanjutnya, kegiatan Jambore Kader PKK ini bertujuan untuk memberikan motivasi kader agar lebih aktif dan kreatif untuk memiliki kemampuan serta inovasi sebagai bagian dari kinerjanya dalam pemberdayaan keluarga.
Sejalan dengan temanya, jambore kader ini menampilkan berbagai kegiatan lomba dan dimaknai sebagai semangat membangun dalam mengisi kemerdekaan, dengan memberdayakan keluarga sebagai pondasi kehidupan, sehingga terwujud keluarga yang sejahtera lahir, dan bathin.

Dalam perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang belum berprestasi, bagi yang menang adalah prestasi dan bagi yang belum berprestasi harus menerima dengan jiwa besar, karena sesungguhnya kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Perlu motivasi dan kerja keras untuk bisa mencapai hasil yang lebih baik pada masa yang akan datang. Mari kita bangun komunikasi, ciptakan kreatifitas, dan inovasi dalam pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK menuju keluarga yang sehat sejahtera.

ARAHAN DAN BIMBINGAN BUPATI MANDAILING NATAL BAPAK Drs. DAHLAN HASAN NASUTION.

Kesempatan yang baik ini saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal, yang telah memprogramkan kegiatan ini, dan selamat datang para peserta Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018.

Salah satu maksud Jambore Kader PKK adalah untuk mempertemukan, dan memperkokoh persaudaraan sesama kader, sehingga melalui kegiatan ini wawasan, pengetahuan, dan persahabatan para kader sekaligus menciptakan motivasi dalam melaksanakan pemberdayaan keluarga menuju keluarga yang sejahtera.

Kita sepakat bahwa semua jajaran Tim Penggerak PKK di Kabupaten Mandailing Natal telah giat dalam mengaplikasikan 10 (sepuluh) Program PKK, misalnya menampilkan perannya membantu pemerintah dalam pembangunan daerah.
Kegiatan ini juga sebagai wahana peningkatan ekonomi masyarakat, seperti usaha kuliner yang begitu banyak dan beragam. Selain itu juga sebagai promosi pariwisata.

Ke depan sebaiknya rencana pelaksanaan Jambore Kader PKK seperti ini tidak saja dilaksanakan di Ibukota Kabupaten, tapi secara bergiliran dilaksanakan di kecamatan. Adapun maksudnya adalah agar dapat memberi efek positif bagi kader PKK dan masyarakat, disamping dapat memberi efek besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.
Sebelum saya akhiri, sekali lagi saya ucapkan selamat datang kepada para peserta Jambore Kader PKK dan selamat berlomba. Kepada panitia dan juri selamat bertugas semoga kegiatan yang kita laksanakan hari ini mendapat keberkahan dari Allah SWT, Aamiiin.

By.
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
Kabupaten Mandailing Natal.

Informasi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close